Bloggroll

Selasa, 13 Desember 2011

Cara Mudah Agar tidak malas belajar


Rasa malas memang kerap sekali menjadi suatu sikap yang sering dimiliki oleh setiap orang. Apalagi, jika mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan belajar. Kebanyakan dari beberapa siswa memiliki rasa malas ketika belajar di sekolah atau di rumah. Rasa malas ini pun bisa jadi berkaitan karena faktor kondisi fisik dan faktor mood (perasaan).

Faktor-faktor yang menyebabkan kondisi fisik menurun dan membuat malas belajar adalah :
Kurangnya gerak tubuh pada saat ada waktu luang,
Kurang berolahraga setiap hari,
Makan yang tidak teratur,
Waktu istirahat yang tidak teratur.
Pola hidup yang kurang baik
Kurangnya meminum air putih untuk menjaga kesehatan, khususnya di pagi hari.


Kurang geraknya tubuh disaat ada waktu luang disebabkan oleh rasa malas yang dimiliki seseorang untuk berolahraga pada hari libur, hari yang luang ini bisa kita manfaatkan untuk berlibur dan olahraga. Olahraga selain untuk menyehatkan organ tubuh kita, juga akan membuat rasa semangat dalam diri anda. Dengan sehatnya tubuh, maka secara otomatis saraf dalam tubuh kita akan menyalurkan rasa semangat, sehat, dan tenang yang ada dalam diri untuk diterjemahkan oleh otak. Sehingga otak kita akan sehat dan membuat pikiran kita jernih.

Makan yang tidak teratur. Maksudnya disini makan yang intensitasnya terlalu banyak dan kurang dalam kerja atau belajar, jadi kita kalau makan terlalu banyak, maka belajar juga harus banyak. Karena bila terlalu banyak nutrisi yang ada di otak namun tidak dipergunakan maka akibatnya kita akan melakukan hal yang tidak berguna untuk dilakukan.Janganlah terlalu memanfaatkan waktu dengan tidak fungsional. Seperti nongkrong, bercanda, berbaring diatas tempat tidur, mendengarkan musik, membaca komik dan lain sebagainya. Hal seperti diatas sering dilakukan tapi setidaknya kita bisa mengaturnya agar tidak mengganggu belajar kita.

Berikut in kiat-kiat agar kita tidak malas belajar :
Gunakan waktu-waktu luang sebagai waktu untuk belajar. Yaitu waktu sore& pagi hari setelah kita mandi sore tubuh akan terasa fresh dan proses belajar akan terasa giat
Makanlah makanan yang bergizi dengan waktu yang teratur. Yaitu pagi ketika berangkat sekolah, siang ketika istirahat dan malam ketika di jam sekitar 18.30 karna kalau anda makan di jam yang terlalu malam akibatnya yang anda rasakan adalah malas juga dan rasanya ingin tidur.
Pada saat belajar pada alam hari jangan belajar sambil tiduran. Hal ini membuat anda kantuk, sebaiknya anda duduk di kursi tanpa bantalan busa, biarpun sedikit tidak nyaman tempat ini tidak akan membuat anda malas karna tempatnya yang keras.
Katika anda merasa kantuk anda bisa makan makanan ringan untuk membuat mulut anda bekerja (mengunyah) karna semua bagian tubuh yang tidak bergerak akan membuat kantuk, selain mulut yang bergerak otak pu ikut bekerja lagi. tapi jangan lakukan ini dalam pelajaran di sekolah
Nah… ketika tips ketiga masih gagal, artinya anda masih kantuk anda bisa lakukan hal ini yaitu menggerakkan semua tubuh yang membuat anda berkeringat dalam hal ini saya lebih tekankan pada push-up, squat jump, sit-up minimal 10 kali dan berjalan-jalan di dalam rumah. ketika anda sudah tidak kantuk anda bisa melakukan belajar lagi.
Dari kesemua itu selain kita baca harus kita praktekkan. Jikalau anda sudah melakukannya tetapi anda masih juga dilanda rasa malas anda perlu konsultasi masalah anda ke dokter untuk keterangan lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger