Bloggroll

Jumat, 16 Desember 2011

Berbagai Macam Sifat, Siklus Air, beserta Kegunaannya

Sebelumnya saya telah membahas tentang Pengertian Air. Kali ini, mari kita belajar tentang Berbagai Macam Sifat, Siklus Air dan Kegunaannya. Hampir tiga perempat dari permukaan bumi tertutup oleh air. Air jatuh ke bumi sebagai hujan, salju atau hujan es. Semua makhluk hidup membutuhkan air untuk menjalani kebutuhan hidupnya. Tumbuhan yang kekurangan air, akan layu dan akhirnya akan mati. Hewan dan manusia juga membutuhkan air untuk hidup. Tanah juga membutuhkan air agar tidak kekeringan dan tandus. Semua makhluk hidup yang ada di Bumi sangat bergantung pada ketersediaan air. Air yang kita gunakan berasal dari berbagai sumber, seperti air tanah , air sungai, dan air laut.

Air sebagai zat cair mempunyai sifat-sifat tertentu, diantaranya adalah :

1. Air akan Menempati Ruang dan Mempunyai Massa
Apabila kamu ingin mengetahui apakah air dapat menempati ruang, kamu dapat melakukan sebuah percobaan. Ambil sebuah ember yang kosong, lalu isikan ember tersebut dengan air secara terus menerus. Apakah yang terjadi ? Ya, tentu ember tersebut akan terisi penuh dan pasti akan tumpah atau luber apabila diisi oleh air secara terus menerus. Itulah bukti bahwa air menempati ruang.
Sedangkan untuk mengetahui apakah air mempunyai massa atau tidak. Ambil dua buah kantong plastik, isikan kantong plastik yang satu dengan air, sedangkan kantong plastik yang satunya jangan diisi. Lalu ukur berat masing masing plastik, tentu akan menunjukkan berat yang berbeda. Atau ukur dengan timbangan, tentu itu juga akan membuat kantong plastik yang berisi air akan lebih berat daripada yang tidak terisi oleh air.

2. Permukaan Air yang Tenang Selalu Datar
Permukaan air selalu datar jika air dalam keadaan diam dan tenang. Berbeda dengan partikel gas yang tidak akan bisa diam dan tenang. Apabila anda mempunyai botol minuman yang botolnya bening, coba isi dengan air setengah botolnya. Lalu miringkan botol nya dan diamkan. Pasti permukaannya akan datar. Lalu coba, tegakkan botol tersebut, pasti tetap akan datar. Atau juga dimiringkan namun salah satu ujungnya diberi ganjalan dan diamkan. Tetap saja air tersebut akan datar juga.
Sifat Air yang datar ini biasanya dimanfaatkan untuk mengetahui kedataran suatu benda. Misalnya, pekerja bangunan mengukur kedataran bangunan dengan menggunakan selang plastik bening yang kecil dan berisi air.
Alat pengukur kedataran suatu tempat tersebut dinamakan Waterpass. Waterpass sangat mudah digunakan dan umumnya digunakan berdasarkan padad gelembung udara di dalam tabung kaca kecil yang berisi air.

3. Air Mengalir dari Tempat yang Tinggi ke Tempat yang Lebih Rendah.
Air hujan yang jatuh di atap rumah mengalir dari tempat yang tinggi (genting) ke tempat yang lebih rendah. Air yang berasal dari gunung akan mengalir ke sungai dan akhirnya menuju ke laut. Gunung merupakan dataran yang tinggi sedangkan laut adalah dataran yang paling rendah. Hal ini disebabkan letak pegunungan lebih tinggi daripada laut. Namun, ada juga air yang mengalir dari tempat rendah ke tempat tinggi. Hanya saja, ini bukan merupakan sifat air karena dibantu oleh dorongan atau tenaga benda lain. Contohnya air mancur dan lain-lain.

4. Air dapat Melarutkan berbagai Zat
Air adalah pelarut yang penting karena dapat melarutkan zat-zat tertentu. Yang dimaksud larut dalam air, yaitu dapat menyatu dengan air. Sifat tersebut dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Manfaat kelarutan beberapa macam zat dalam air bagi makhluk hidup adalah sebagai berikut :

  • Kita dapat membuat minuman yang manis karena gula akan larut dalam air.
  • Kita dapat menikmati masakan yang lezat dan enak rasanya karena air dapat melarutkan garam, gula, dan zat penyedap makanan.
  • Penderita yang sedang sakit dapat sembuh setelah minum obat karena air dapat melarutkan obat-obatan. Contohnya adalah penderita diare dapat sembuh setelah meminum garam oralit yang dilarutkan dalam air.
  • Air dapat melarutkan obat pembasmi kuman yang biasa dicampurkan ke dalam air pada waktu mengepel atau membersihkan lantai.
  • Air dapat melarutkan sejumlah unsur makanan yang kita makan.
  • Air merupakan zat pelarut dalam metabolisme tubuh yang akan membersihkan kotoran yang ada dalam pencernaan.
5. Air Menekan ke Segala Arah
Mungkin, kamu pernah melihat kapal laut yang ada di pelabuhan atau juga perahu yang biasanya digunakan untuk menyeberangi orang atau kendaraan melewati sungai atau selat. Lalu juga perahu yang digunakan nelayan untuk mencari ikan pada pagi hari. Mengapa, perahu dan kapal laut ini tidak tenggelam?
Tentu saja tidak, karena air tidak hanya akan menekan ke bawah tetapi air akan menekan ke segala arah termasuk ke atas. Air akan menekan seluruh benda yang bersentuhan dengan air. Salah satu contoh lain adalah beratnya tubuh seorang penyelam yang akan menyelami sebuah lautan. Tentu saja iya, karena makin dalam permukaan air makin besar juga tekanan yang dihasilkan oleh air tersebut. Di bawah laut tekanan air akan menekan dengan kuat penyelam, jika mereka masuk terlalu dalam. Itulah sebabnya, para penyelam harus memakai pakaian dan alat khusus untuk melindungi tubuh mereka dari tekanan air.

6. Air Meresap Melalui Celah-Celah Kecil
Sifat air yang lain adalah air dapat meresap melalui celah-celah kecil. Celah-celah kecil itu disebut pori-pori. Ada benda yang mempunyai celah-celah kecil (pori-pori) sehingga air dapat meresap melalui celah-celah kecil tersebut. Peristiwa ini disebut Kapilaritas. Air dapat meresap di suatu benda bergantung pada jenis benda yang diresapinya. Ada benda yang tidak memiliki celah-celah kecil atau pori pori. Contohnya adalah kaca, porselen, seng , dan plastik. Benda yang tidak mempunyai celah- celah kecil disebut benda kedap air. Air tidak akan bisa meresap pada benda kedap air tersebut.

7.  Air dapat berubah Wujud
Air dapat berubah wujud atau berubah bentuk. Air dapat ditemui dalam tiga wujud, yaitu cair, padat, dan gas.
Berikut gambar perubahan wujud tersebut :





8. Kegunaan Air yang bergerak dalam kehidupan sehari-hari.
Air yang bergerak dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai alat angkut, pembangkit tenaga listrik, serta sarana olahraga dan rekreasi.


  • Air dapat mengangkut kayu-kayu atau perahu yang melewati sebuah sungai dengan mengikuti arus aliran air. Kayu-kayu tersebut diikat membentuk sebuah rakit dan akan hanyut mengikuti aliran sungai.
  • Air dapat dijadikan sebagai pembangkit tenaga listrik dikarenakan oleh adanya tenaga gerak yang dimiliki oleh air. Contohnya adalah air terjun dan kincir air.
  • Air sebagai Sarana Olahraga dan Rekreasi. Gerakan air yang mampu bergerak dimanfaatkan oleh peselancar, arung jeram, maupun berenang dan seluncur air.
Sekian dahulu, untuk lebih lengkapnya silahkan cari di artikel berikutnya. Terima Kasih.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger